Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa MKCM untuk Tahun 2024

  • Dec 13, 2023
  • Frangky Kialian

MKCM, 28 November2023, Desa MKCM merayakan acara penting dalam kalender pembangunan mereka dengan digelarnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan dan Penyusunan Rencana Kerja Desa untuk tahun 2024. Acara yang diadakan di Kantor  Desa tersebut menjadi wadah bagi warga, tokoh masyarakat, serta perwakilan dari berbagai lembaga untuk turut serta dalam proses pengambilan keputusan terkait arah pembangunan desa selama tahun mendatang.

Dalam suasana yang penuh semangat kolaborasi, acara dimulai dengan sambutan dari kepala Desa MKCM, Bapak Franki Kialian, yang menekankan pentingnya partisipasi aktif semua pihak dalam merumuskan rencana kerja yang akan membawa kemajuan bagi Desa  MKCM. Beliau juga mengapresiasi kehadiran serta kontribusi yang telah diberikan oleh seluruh elemen masyarakat dalam menjadikan Desa MKCM sebagai tempat yang lebih baik untuk tinggal.

Berbagai topik dibahas dengan seksama selama musyawarah tersebut. Mulai dari infrastruktur, kesehatan, pendidikan, hingga upaya pelestarian lingkungan dan stunting yang menjadi fokus utama dalam perbincangan. Para peserta musyawarah secara aktif menyampaikan aspirasi, gagasan, serta potensi yang ada di masing-masing bidang untuk menjadi bagian dari rencana aksi yang lebih komprehensif.

Adanya kerjasama antara pemerintah Desa, tokoh masyarakat, serta perwakilan dari berbagai lembaga swadaya masyarakat diakui menjadi faktor penting dalam mencapai kesepakatan untuk menyusun rencana kerja yang terintegrasi dan realistis. Proses dialog yang terbuka dan inklusif diharapkan dapat menghasilkan rencana pembangunan yang berpihak kepada kepentingan bersama masyarakat Desa MKCM.

Hasil dari musyawarah ini akan menjadi landasan bagi Pemerintah Desa MKCM dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) serta Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2024. Diharapkan rencana-rencana ini akan mengakomodasi kebutuhan dan aspirasi masyarakat, sekaligus menjadi panduan dalam mengalokasikan sumber daya dan anggaran yang ada dengan efektif.

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan dan Penyusunan Rencana Kerja Desa untuk tahun 2024 di Desa MKCM tidak hanya menjadi momen penting dalam menetapkan arah pembangunan, tetapi juga menjadi bukti nyata akan semangat gotong royong serta keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat dalam membangun Desa MKCM menjadi tempat yang lebih baik untuk semua warganya.

Top of Form